copyscape

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner

Masuk ke Forum

Silahkan Anda masuk ke Forum: http://bit.ly/Forum-KN

Kata pengantar

Berikut adalah sepenggal dari artikel-artikel yang dibahas dalam forum. Artikel yang lengkap dapat dibaca di masing-masing kumpulan topik sesuai kategori artikelnya.

Ikuti kabarnya di twitter @akuinginhamil

Senin, 07 Maret 2011

Sulit hamil karena kebal sperma? (Sindrom ASA)

copyright by THE INQUISITR
Desy merasa resah akhir-akhir ini. Pada pernikahannya yang sudah memasuki usia ke-5. ia dan suami belum juga dikaruniai anak. Tak terhitung upaya untuk mendapatkan keuturnan, mulai dari mengkonsumsi jamu-jamuan, terapi pijat, hingga pemeriksaan kesuburan. Hasilnya tetap nihil. Yang membuatnya heran, dokter yang memeriksa kesuburan Desy dan suami telah menyatakan kedua belah pihak tak ada masalah pada alat reproduksi. Lantas, apa masalah sesungguhnya? Bila berkaca pada kasus Desy, terkadang pasangan suami istri tak habis pikir akan penyebab sulitnya memiliki keturunan.

Spesialis androlog dari Rumah sakit Sam Marie Jakarta dr. Indra G. Mansur, DHES, SpAnd, mengatakan setidaknya lebih kurang 60% kasus infertilitas tidak terjelaskan. Namun, salah satu penyebab infertilitas yang tak terjelaskan ini antibodi antisperma (ASA). Nah, kasus seperti Desy ini juga bisa dicurigai sebagai antibodi sperma. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kelainan antibodi antisperma? Adakah hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh atau antibodi?


Selengkapnya di Forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung ke blog kami. Mohon tinggalkan komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...